Santri Saman Sunggal Jaga Semangat Sumpah Pemuda

Sunggal, 28 Oktober 2023 – Pesantren Muhammad Saman Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara, menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023. Upacara yang diikuti oleh seluruh santri dan ustadz/ustadzah ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat.

Upacara diawali dengan pembacaan doa oleh Bapak Muslim S.H. Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, pembacaan naskah Sumpah Pemuda dilakukan oleh santriwati kelas XI. Naskah Sumpah Pemuda dibacakan dengan lantang dan penuh penghayatan.

Dalam amanatnya, Kepala Pesantren Muhammad Saman Sunggal, Ustadz/ Bapak Hadian, mengajak para santri untuk meneladani semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

pinterest

“Sumpah Pemuda adalah tonggak sejarah yang menjadi dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semangat Sumpah Pemuda harus terus kita jaga dan kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bapak Muslim S.H salah satu pengurus pimpinan.

Bapak Muslim S.H juga mengajak para santri untuk menjadi pemuda yang berjiwa patriotik dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

“Sebagai pemuda, kita harus menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berprestasi. Kita harus siap untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” kata Bapak Muslim S.H.

Upacara ditutup dengan pembacaan ikrar oleh seluruh peserta upacara. Ikrar ini berisi komitmen para santri untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Upacara peringatan Sumpah Pemuda di Pesantren Muhammad Saman Sunggal ini menjadi momentum bagi para santri untuk mengenang jasa para pahlawan dan membangkitkan semangat nasionalisme.(MIS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *