Tips Menghafal Cepat Ala Santri/Wati

Source: Pinterest

FORUMSANTRI – Dalam dunia pesantren, menghafal adalah salah satu keterampilan yang wajib dikuasai oleh para santri dan santriwati. Hal ini tidak lepas dari kurikulum pesantren yang menekankan pentingnya penguasaan kitab kuning, Al-Qur’an, dan berbagai macam materi pelajaran lainnya yang berbahasa Arab.

Untuk membantu para santri santriwati dalam menghafal, ada berbagai macam tips dan trik yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan nada. Nada ternyata bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk memudahkan santri dalam menghafal materi yang berbahasa Arab.

Bacaan Lainnya
Source: Pinterest

Berikut ini adalah beberapa tips unik ala santri santriwati dalam menghafal pelajaran umum dan pelajaran yang berbahasa Arab dengan menggunakan nada:

1. Membuat nada ke arah sholawat

Sholawat merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain itu, sholawat juga memiliki nada yang indah dan mudah diingat. Hal ini menjadikan sholawat sebagai salah satu cara yang efektif untuk menghafal materi yang berbahasa Arab.

Untuk menerapkan tips ini, para santri santriwati bisa membuat nada sholawat yang sederhana untuk materi yang akan dihafal. Misalnya, untuk menghafal sebuah ayat Al-Qur’an, para santri santriwati bisa membuat nada sholawat dengan menggunakan huruf hijaiyah pertama dari ayat tersebut.

2. Membuat nada ke arah lagu favorit

Selain sholawat, lagu favorit juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghafal materi yang berbahasa Arab. Hal ini dikarenakan lagu favorit memiliki nada yang familiar dan mudah diingat.

Untuk menerapkan tips ini, para santri bisa membuat nada lagu favorit yang sederhana untuk materi yang akan dihafal. Misalnya, untuk menghafal sebuah bait syair, para santri santriwati bisa membuat nada lagu favorit dengan menggunakan irama bait tersebut.

3. Membuat nada ke arah adzan/iqomah

Adzan dan iqomah merupakan dua panggilan ibadah yang sangat familiar di telinga umat Islam. Nada adzan dan iqomah juga memiliki irama yang indah dan mudah diingat.

Untuk menerapkan tips ini, para santri santriwati bisa membuat nada adzan/iqomah untuk materi yang akan dihafal. Misalnya, untuk menghafal sebuah hadis, para santri bisa membuat nada adzan/iqomah dengan menggunakan huruf hijaiyah pertama dari hadis tersebut.

Tips-tips unik di atas memang terbukti efektif untuk membantu para santri santriwati dalam menghafal materi yang berbahasa Arab. Namun, perlu diingat bahwa tips-tips ini hanyalah salah satu cara untuk memudahkan menghafal.

Selain menggunakan nada, para santri santriwati juga perlu menerapkan tips-tips lain yang bisa membantu mereka dalam menghafal, seperti:

  • Berlatih secara rutin
  • Menciptakan suasana yang kondusif
  • Memanfaatkan waktu luang

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, para santri santriwati diharapkan bisa lebih mudah dalam menghafal materi yang berbahasa Arab.(MIS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *