Cak Imin, Cucu Pahlawan Santri, Mengikuti Jejak Kakeknya untuk Mengabdi

Source: Pinterest

FORUMSANTRI – Abdul Muhaimin Iskandar atau yang lebih dikenal dengan Cak Imin adalah salah satu tokoh politik Indonesia yang cukup populer. Ia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak tahun 2014. Cak Imin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Selain dikenal sebagai tokoh politik, Cak Imin juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan kalangan pesantren. Hal ini tidak lepas dari silsilah keluarganya yang merupakan keturunan ulama besar dari Jombang, Jawa Timur.

Kakek Cak Imin adalah Pahlawan Santri

Kakek Cak Imin bernama KH Bisri Syansuri. Ia adalah salah satu ulama besar dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU). KH Bisri Syansuri juga merupakan salah satu tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 2017, KH Bisri Syansuri dianugerahi gelar Pahlawan Santri oleh Presiden Joko Widodo. Penganugerahan ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa KH Bisri Syansuri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan pengembangan Islam di Indonesia.

Silsilah Jejak Keluarga Cak Imin

Silsilah jejak keluarga Cak Imin dapat ditelusuri hingga ke abad ke-18. Kakek buyut Cak Imin, KH Hasyim Asy’ari, adalah pendiri NU. KH Hasyim Asy’ari juga merupakan salah satu ulama besar dan tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

KH Hasyim Asy’ari memiliki putra bernama KH Bisri Syansuri, yang merupakan kakek Cak Imin. KH Bisri Syansuri juga merupakan ulama besar dan tokoh penting dalam NU.

KH Bisri Syansuri memiliki putra bernama KH Anwar Iskandar, yang merupakan ayah Cak Imin. KH Anwar Iskandar juga merupakan ulama dan tokoh NU.

Cak Imin sendiri memiliki putra bernama Muhammad Abdul Qodir Iskandar, yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB.

Cak Imin Mengikuti Jejak Kakeknya

Cak Imin mengikuti jejak kakeknya, KH Bisri Syansuri, untuk mengabdi kepada umat dan bangsa. Cak Imin aktif dalam kegiatan keagamaan dan politik.

Cak Imin juga aktif dalam pengembangan pesantren. Ia mendirikan beberapa pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Cak Imin berharap agar silsilah jejak keluarganya dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengabdi kepada umat dan bangsa.

Silsilah jejak keluarga Cak Imin menunjukkan bahwa ia merupakan keturunan ulama besar dan pejuang kemerdekaan. Cak Imin sendiri telah mengikuti jejak kakeknya untuk mengabdi kepada umat dan bangsa.(MIS)

Pos terkait