Tips Melipat Pakaian Ala Santri: Rapi, Simetris, dan Licin Tanpa Setrikaan

Source: ig/@dwi.aprily

FORUMSANTTRI – Pakaian yang rapi dan licin tentu akan membuat kita merasa nyaman dan percaya diri. Namun, terkadang kita merasa kesulitan untuk melipat pakaian dengan rapi, apalagi tanpa menggunakan setrikaan.

Nah, bagi Anda yang ingin melipat pakaian dengan rapi, simetris, dan licin tanpa menggunakan setrikaan, Anda bisa mengikuti tips dari para santri berikut ini.

1. Gunakan buku untuk membantu melipat

Salah satu tips yang paling ampuh untuk melipat pakaian dengan rapi adalah menggunakan buku. Buku dapat membantu Anda untuk membuat lipatan yang rata dan simetris.

Caranya, letakkan buku di tengah pakaian yang akan dilipat. Kemudian, lipat pakaian menjadi dua bagian sama besar. Tekan buku ke bawah agar lipatan menjadi rata.

Lakukan hal yang sama untuk bagian bawah pakaian. Lipat pakaian menjadi dua bagian sama besar. Tekan buku ke bawah agar lipatan menjadi rata.

2. Lipat pakaian dengan arah yang benar

Arah lipatan pakaian juga penting untuk diperhatikan agar pakaian terlihat rapi dan simetris. Untuk pakaian yang memiliki lengan, lipat lengan terlebih dahulu. Kemudian, lipat pakaian dari atas ke bawah.

Untuk pakaian yang tidak memiliki lengan, lipat pakaian dari kiri ke kanan.

3. Timpa pakaian dengan benda berat

Setelah pakaian dilipat, timpa pakaian dengan benda berat. Benda berat dapat membantu pakaian untuk tetap rapi dan licin.

Anda bisa menggunakan buku, batu bata, atau bantal. Timpa pakaian dengan benda berat selama beberapa jam atau semalaman.

4. Gunakan trik khusus untuk pakaian tertentu

Untuk pakaian tertentu, Anda bisa menggunakan trik khusus agar lipatan menjadi lebih rapi. Misalnya, untuk pakaian yang memiliki kerah, Anda bisa melipat kerah terlebih dahulu sebelum melipat pakaian.

Untuk pakaian yang memiliki kantong, Anda bisa melipat kantong ke dalam sebelum melipat pakaian.

5. Latihan yang rutin

Semakin sering Anda melipat pakaian, maka Anda akan semakin terampil dan menghasilkan lipatan yang lebih rapi.

Jadi, jangan ragu untuk berlatih melipat pakaian setiap hari.

Tips Tambahan

Selain tips-tips di atas, Anda juga bisa mengikuti tips tambahan berikut ini untuk melipat pakaian dengan rapi:

  • Gunakan pakaian yang bersih dan kering.
  • Gunakan tangan yang bersih dan kering.
  • Lipat pakaian dengan hati-hati dan perlahan.

Dengan mengikuti tips-tips Video ini, Anda bisa melipat pakaian dengan rapi, simetris, dan licin tanpa menggunakan setrikaan. Selamat mencoba!(MIS)

Pos terkait