5 Tips Anti Ghosob ala Santri, Dijamin Aman!

FORUMSANTRI – Ghosob, istilah unik yang sering digunakan oleh santri untuk menyebut tindakan memakai barang orang lain tanpa izin. Istilah ini umumnya digunakan untuk sandal, karena sandal adalah barang yang paling sering hilang di pondok pesantren.

Bagi para santri, kehilangan sandal bisa menjadi pengalaman yang menyebalkan. Apalagi jika sandal tersebut adalah sandal favorit atau sandal yang baru saja dibeli.

Bacaan Lainnya

Nah, bagi kamu yang ingin terhindar dari pengalaman Ghosob, berikut ini adalah 5 tips anti Ghosob ala santri:

1. Tulis nama atau tanda

Tips yang paling sederhana adalah dengan menulis nama atau tanda di sandalmu. Cara ini bisa membuat orang lain enggan untuk mengambil sandalmu.

Kamu bisa menulis namamu dengan spidol permanen atau menggunakan cat kuku. Kamu juga bisa menggunakan tali atau pita untuk mengikat sandalmu.

2. Letakkan di tempat yang tidak terjangkau

Jika kamu memiliki kamar sendiri, kamu bisa meletakkan sandalmu di dalam kamar. Dengan begitu, sandalmu akan lebih aman dari jangkauan orang lain.

Kamu juga bisa meletakkan sandalmu di tempat yang tersembunyi, misalnya di balik lemari atau di bawah tempat tidur.

3. Sebar sandalmu

Tips ini mungkin terdengar aneh, tapi cara ini cukup efektif untuk mencegah Ghosob.

Kamu bisa meletakkan sandalmu di dua tempat yang berbeda, misalnya di depan kamar dan di dekat kamar mandi. Dengan begitu, orang lain akan berpikir dua kali sebelum mengambil salah satu sandalmu.

4. Beli sandal cadangan

Jika kamu sudah benar-benar lelah dengan Ghosob, kamu bisa membeli sandal cadangan. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu panik jika sandalmu hilang.

Kamu bisa membeli sandal yang murah atau sandal bekas. Yang penting, sandal tersebut bisa dipakai untuk menggantikan sandalmu yang hilang.

5. Ikat sandalmu dengan teman

Tips ini paling cocok untuk dilakukan oleh teman dekat. Kamu bisa mengikat sandalmu dengan sandal temanmu. Dengan begitu, sandal kalian akan saling mengunci dan tidak akan mudah diambil orang lain.

Tulis pengalaman paling seru kalian di kolom komentar (Ghosob / Di Ghosob). (MIS)

Pos terkait