Aurat Perempuan Menurut Islam yang Harus di jaga

Aurat Perempuan
Source: Pinterest

FORUMSANTRI – Aurat menurut bahasa Arab artinya “tertutup”. Dalam agama Islam, aurat adalah bagian tubuh yang wajib ditutup oleh seorang muslim. Aurat bagi perempuan berbeda dengan aurat bagi laki-laki.

Bagi aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan aurat bagi laki-laki adalah antara pusar dan lutut.

Bacaan Lainnya

Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah. Hal ini diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 31 yang berbunyi:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka…”

Ayat ini menjelaskan bahwa perempuan harus menutup auratnya agar tidak mengundang perhatian laki-laki yang bukan mahramnya. Menutup sau’ah juga dapat menjaga kehormatan dan martabat diri wanita.

Ada beberapa alasan mengapa menutup aurat adalah wajib bagi perempuan. Pertama, Islam mengajarkan menjaga kesucian dan kesopanan diri. Aurat adalah bagian tubuh yang harus dijaga karena dapat menimbulkan fitnah dan godaan bagi orang lain. Kedua, menutup aurat dapat melindungi diri dari kejahatan seksual. Banyak kasus kejahatan seksual yang terjadi karena perempuan tidak menutup auratnya dengan benar. Ketiga, menutup aurat dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri perempuan. Perempuan yang menutup aurat dengan benar akan terlihat lebih anggun dan terhormat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menutup aurat dengan benar:

Gunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat. Hindari menggunakan pakaian yang menonjolkan bagian tubuh tertentu.

Gunakan hijab yang menutupi seluruh kepala kecuali wajah dan telapak tangan.

Gunakan jilbab yang menutupi dada dan punggung.

Gunakan pakaian yang menutupi kaki hingga mata kaki.

Hindari menggunakan pakaian yang transparan atau memiliki hiasan yang berlebihan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, perempuan dapat menutup auratnya dengan benar dan sesuai dengan ajaran Islam. Menutup aurat bukan hanya kewajiban, tetapi juga merupakan bentuk ikhtiar untuk menjaga kesucian diri dan meningkatkan martabat sebagai perempuan muslim.(MIS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *