Ibadah yang Sesuai Sunnah: Kenali dan Hindari Kesalahpahaman

Ibadah yang Sesuai Sunnah
Source: Pinterest

FORUMSANTRI – Dalam ajaran Islam, Ibadah yang sesuai sunnah merupakan salah satu aspek penting yang harus diketahui oleh setiap umat Muslim. Ibadah memiliki makna luas, yaitu segala sesuatu yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, tidak semua perbuatan yang dianggap sebagai ibadah memiliki tuntunan yang jelas dari Rasulullah SAW. Ada beberapa ibadah yang tidak memiliki tuntunan dari Rasulullah SAW dan sebaiknya dihindari.

Berikut adalah beberapa ibadah yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah SAW dan sebaiknya dihindari:

Bacaan Lainnya
  1. Melakukan ibadah yang berlebihan dan memberatkan diri sendiri. Ibadah yang berlebihan dan memberatkan diri sendiri justru dapat menimbulkan kemudharatan bagi tubuh dan jiwa. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan ibadah secara wajar dan tidak berlebihan.

  2. Melakukan ibadah yang hanya bertujuan untuk pamer atau riya. Ibadah yang dilakukan hanya untuk pamer atau riya tidak akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk melakukan ibadah secara ikhlas, yaitu semata-mata untuk mencari keridhaan Allah SWT.

  3. Melakukan ibadah dengan cara yang menyimpang dari tuntunan Rasulullah SAW. Setiap ibadah memiliki tata cara yang jelas yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Menyimpang dari tata cara yang diajarkan Rasulullah SAW dapat membuat ibadah tersebut tidak sah.

  4. Melakukan ibadah dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan duniawi. Ibadah yang dilakukan hanya untuk mendapatkan keuntungan duniawi tidak akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk melakukan ibadah semata-mata untuk mencari keridhaan Allah SWT.

  5. Melakukan ibadah yang bertentangan dengan akal sehat dan fitrah manusia. Ibadah yang bertentangan dengan akal sehat dan fitrah manusia tidak dapat diterima oleh Allah SWT. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk melakukan ibadah secara bijak dan sesuai dengan fitrah manusia.

Sebagai umat Muslim, kita harus selalu berhati-hati dalam melakukan ibadah. Pastikan bahwa ibadah yang kita lakukan memiliki tuntunan yang jelas dari Rasulullah SAW dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Ibadah yang dilakukan dengan ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW akan memberikan pahala yang besar dan mendekatkan kita kepada Allah SWT.(MIS)

Pos terkait