Makan dan Minum : Posisi Larangan Islam yang Jarang Diketahui

Makan dan Minum
Source: Pinterest

FORUMSANTRI – Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dalam Islam, makan dan minum juga memiliki tata cara yang baik dan dianjurkan. Salah satu tata cara makan yang dilarang dalam Islam adalah makan sambil tiduran.

Larangan makan sambil tiduran ini disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

Bacaan Lainnya
  • Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang makan sambil tiduran.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dua jenis makanan: yaitu duduk dalam jamuan makan yang menyuguhkan minum-minuman keras dan makan sambil tengkurap.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majjah)

Larangan makan sambil tiduran ini memiliki beberapa alasan, di antaranya:

  • Posisi tiduran dapat menghambat proses pencernaan. Ketika kita makan sambil tiduran, posisi lambung menjadi horizontal. Hal ini dapat menghambat gerakan otot-otot lambung yang berperan dalam proses pencernaan. Akibatnya, makanan akan lebih lama dicerna dan dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan, seperti kembung, mual, dan muntah.
  • Posisi tiduran dapat membuat kita lebih cepat kenyang. Ketika kita makan sambil tiduran, kita cenderung makan lebih banyak karena kita tidak merasakan sensasi kenyang dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Posisi tiduran dapat membuat kita lebih mudah tersedak. Ketika kita makan sambil tiduran, kita lebih sulit untuk menelan makanan. Hal ini dapat meningkatkan risiko tersedak, yang dapat berakibat fatal.

Selain itu, makan sambil tiduran juga dinilai sebagai perilaku yang tidak sopan dan tidak pantas. Dalam Islam, makan dan minum merupakan ibadah yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, kita harus menghindari makan sambil tiduran agar tidak melanggar larangan Allah dan Rasul-Nya.

Untuk menghindari larangan makan sambil tiduran, kita dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Selalu makan dalam posisi duduk. Hal ini penting untuk menjaga proses pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pencernaan.
  • Jangan makan terlalu banyak. Makanlah secukupnya agar tidak cepat kenyang.
  • Hati-hati saat menelan makanan. Pastikan makanan sudah dikunyah dengan sempurna sebelum ditelan.

Dengan menghindari makan sambil tiduran, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan ibadah makan dan minum dengan baik dan benar.(MIS)

Pos terkait