Ruqyah: Senjata Rahasia Rasulullah untuk Menghadapi Penyakit

Ruqyah
Source: Pinterest

FORUMSANTRI – Ruqyah adalah salah satu metode pengobatan yang dianjurkan dalam Islam. Ruqyah berasal dari kata “ruqiya” yang berarti doa atau jampi. Dalam Islam, ruqyah adalah doa yang dibacakan untuk mengobati penyakit, baik penyakit fisik maupun non fisik.

Ruqyah sudah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW sendiri pernah melakukan ruqyah dan juga pernah diruqyah. Dalam sebuah hadits, Nabi SAW bersabda:

Bacaan Lainnya

“Tidak mengapa melakukan ruqyah selama tidak mengandung kesyirikan.” (HR. Muslim no.2200)

Pada hakikatnya, ruqyah adalah doa. Oleh karena itu, yang terbaik adalah kita sendiri yang meruqyah diri kita. Hal ini lebih membuat kita tidak bergantung kepada peruqyah jika dilakukan oleh orang lain. Jika kita hanya berpikir, “Baru bisa sembuh jika ustadz Fulan yang meruqyah”, lalu lupa dengan metode ini dan berdoa sendiri kepada Allah secara langsung, maka kita akan kehilangan salah satu manfaat ruqyah yang paling penting, yaitu melatih diri untuk selalu berdoa kepada Allah.

Banyak sekali bentuk ruqyah yang diajarkan oleh Nabi SAW. Mulai dari berdoa dan mengusap bagian yang sakit, meruqyah sebelum tidur, hingga keseluruhan bacaan Al-Qur’an pun disebutkan dapat menjadi metode ini. Hal ini karena prinsip dari metode ini sebenarnya adalah membaca ayat-ayat Al-Qur’an atau doa-doa dari hadits dengan niat untuk mengobati dan melindungi diri dari penyakit, baik sifatnya fisik maupun non fisik.

Berikut adalah beberapa contoh bentuk ruqyah yang diajarkan oleh Nabi SAW:

  • Ruqyah untuk penyakit fisik

Untuk penyakit fisik, kita dapat membacakan beberapa ayat Al-Qur’an atau doa-doa dari hadits yang dikhususkan untuk mengobati penyakit tersebut. Misalnya, untuk mengobati sakit kepala, kita dapat membacakan ayat kursi, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas.

  • Ruqyah untuk penyakit non fisik

Untuk penyakit non fisik, seperti gangguan jin atau sihir, kita dapat membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung doa perlindungan dari gangguan jin dan sihir. Misalnya, kita dapat membacakan surat Al-Baqarah, surat Al-Fatihah, dan surat Al-An’am.

Selain itu, kita juga dapat meruqyah diri sendiri dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Qur’an secara umum. Hal ini karena ayat-ayat Al-Qur’an mengandung hikmah dan kekuatan yang dapat menyembuhkan penyakit, baik fisik maupun non fisik.

Berikut adalah beberapa cara meruqyah diri sendiri:

  • Membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan suara keras

Cara ini dapat dilakukan dengan membacakan ayat-ayat Al-Qur’an secara langsung atau dengan mendengarkan rekaman suara ayat-ayat Al-Qur’an.

  • Memusatkan pikiran pada ayat-ayat Al-Qur’an yang dibacakan

Cara ini dapat dilakukan dengan menutup mata dan memusatkan pikiran pada makna ayat-ayat Al-Qur’an yang dibacakan.

  • Mengusap bagian tubuh yang sakit

Cara ini dapat dilakukan dengan membacakan ayat-ayat Al-Qur’an pada bagian tubuh yang sakit, kemudian mengusapnya.

Ruqyah adalah salah satu metode pengobatan yang dianjurkan dalam Islam. Dengan mengamalkan metode ini, kita dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga dari berbagai macam penyakit.(MIS)

Pos terkait