Hadap Kiblat Saat Wudhu: Sunnah, Dalil & Hikmahnya

Hadap Kiblat Saat Wudhu

FORUMSANTRI – Wudhu merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk mensucikan diri dari hadas kecil sebelum melaksanakan ibadah seperti shalat, tawaf, dan menyentuh mushaf Al-Qur’an. Dalam proses wudhu, terdapat beberapa adab yang dianjurkan untuk dikerjakan, salah satunya adalah hadap kiblat.

Para ulama sepakat bahwa menghadap kiblat saat wudhu hukumnya adalah sunnah. Artinya, jika wudhu tidak dilakukan dengan menghadap kiblat, maka wudhunya tetap sah. Namun, jika dilakukan dengan menghadap kiblat, maka akan mendapatkan pahala sunnah.

Bacaan Lainnya

Dalil Menghadap Kiblat saat Wudhu

Terdapat beberapa dalil yang menunjukkan bahwa hadap kiblat saat wudhu adalah sunnah, di antaranya:

  • Hadist Riwayat Abu Aisyah

Abu Aisyah berkata, “Rasulullah SAW apabila hendak berwudhu, beliau menghadap kiblat dan memulai dengan membasuh tangannya.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

  • Hadist Riwayat Ibnu Abbas

Ibnu Abbas berkata, “Nabi SAW apabila hendak berwudhu, beliau menghadap kiblat dan membasuh tangannya sampai pergelangan tangan.” (HR. Abu Daud)

  • Hadis Riwayat Anas bin Malik

Anas bin Malik berkata, “Rasulullah SAW apabila hendak berwudhu, beliau hadap kiblat dan memulai dengan membasuh tangannya.” (HR. Abu Daud)

Hikmah Menghadap Kiblat saat Wudhu

Hadap kiblat saat wudhu memiliki hikmah sebagai berikut:

  • Meningkatkan adab dan rasa hormat kepada Allah SWT

Dengan menghadap kiblat saat wudhu, seorang muslim menunjukkan rasa hormat dan penghambaannya kepada Allah SWT.

  • Mengingat tujuan utama wudhu

Wudhu merupakan syarat sah untuk melaksanakan ibadah shalat. Dengan mengarah kiblat saat wudhu, seorang muslim diingatkan bahwa tujuan utama wudhu adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah shalat.

  • Membiasakan diri untuk menghadap kiblat

Hadap kiblat saat wudhu menjadi sarana latihan untuk membiasakan diri mengarah kiblat saat shalat.

Mengarah kiblat saat wudhu merupakan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Meskipun wudhu tetap sah jika tidak dilakukan dengan mengarah kiblat, namun dengan mengarah kiblat akan mendapatkan pahala sunnah dan memiliki hikmah tersendiri.(MIS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *