Apa itu, Keutamaan Kubur Baqi’ dalam Sejarah Islam?

Keutamaan Kubur Baqi

FORUMSANTRI –  Pemakaman Baqi’ atau Jannatul Baqi’ adalah pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi. Pemakaman ini terletak di sebelah barat Masjid Nabawi, tepatnya di sebelah utara pintu Babul Salam. Pemakaman ini merupakan tempat dimakamkannya puluhan ribu orang Muslim, termasuk para sahabat, keluarga, dan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Dalam Islam, pemakaman Baqi’ memiliki banyak keutamaan. Keutamaan-keutamaan tersebut antara lain:

  • Merupakan tempat dimakamkannya para sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW. Ini merupakan keutamaan yang paling utama, karena para sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW merupakan orang-orang yang paling dekat dengan beliau dan paling banyak mengikuti ajarannya.
  • Merupakan tempat yang dianjurkan untuk diziarahi. Rasulullah SAW sendiri sering menziarahi pemakaman Baqi’ untuk mendoakan penghuninya.
  • Merupakan tempat yang dijanjikan akan dibangkitkan darinya 70.000 orang yang akan masuk surga tanpa hisab. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Qais binti Mihshan:

Dari Ummu Qais binti Mihshan, ia berkata, “Aku pernah datang kepada Rasulullah SAW, lalu aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, saya mendengar Anda mengatakan bahwa akan dibangkitkan dari Baqi’ 70.000 orang yang akan masuk surga tanpa hisab. Apakah saya termasuk di antara mereka?'”

Rasulullah SAW menjawab, “Ya, engkau termasuk di antara mereka.” (HR. Muslim)

Keutamaan-keutamaan tersebut menunjukkan bahwa pemakaman Baqi’ merupakan tempat yang istimewa dan memiliki nilai religius yang tinggi. Hal ini juga menunjukkan bahwa Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama Muslim, termasuk yang telah meninggal dunia.

Dalil-dalil Keutamaan Kubur Baqi’

Dalil-dalil keutamaan kubur Baqi’ antara lain:

  • Hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Qais binti Mihshan

Hadits ini telah disebutkan di atas. Hadits ini menunjukkan bahwa akan dibangkitkan dari pemakaman Baqi’ 70.000 orang yang akan masuk surga tanpa hisab.

  • Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah

Hadits ini menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kalian menyakiti orang-orang yang telah meninggal dunia di kuburan mereka.”

(HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa orang-orang yang telah meninggal dunia masih merasakan apa yang terjadi di dunia, termasuk jika mereka disakiti. Oleh karena itu, kita dilarang menyakiti orang-orang yang telah meninggal dunia, baik secara fisik maupun non-fisik.

  • Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah

Hadits ini menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang mengunjungi kuburan saudaranya, maka ia akan dikenang oleh Allah SWT di hadapan para malaikat.”

(HR. Tirmidzi)

Hadits ini menunjukkan bahwa menziarahi kuburan saudara Muslim merupakan amalan yang dianjurkan oleh Islam. Amalan ini akan mendatangkan pahala dan juga membuat kita dikenang oleh Allah SWT.

Pemanfaatan Keutamaan Kubur Baqi’

Keutamaan-keutamaan kubur Baqi’ dapat dimanfaatkan oleh umat Islam dengan berbagai cara, antara lain:

  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Keutamaan-keutamaan kubur Baqi’ dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam. Hal ini karena keutamaan-keutamaan tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT sangat memuliakan orang-orang yang beriman dan bertakwa.

  • Meningkatkan semangat dalam beribadah

Keutamaan-keutamaan kubur Baqi’ juga dapat meningkatkan semangat umat Islam dalam beribadah. Hal ini karena keutamaan-keutamaan tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan pahala yang besar bagi orang-orang yang beribadah.

  • Meningkatkan rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama Muslim

Keutamaan-keutamaan kubur Baqi’ juga dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kepedulian umat Islam terhadap sesama Muslim. Hal ini karena keutamaan-keutamaan tersebut menunjukkan bahwa Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kepedulian.

Demikianlah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dan keutamaan kubur Baqi’ dalam Islam. Semoga bermanfaat.(MIS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *