Hikmah Hukum Sentuhan Fisik dengan Lawan Jenis dalam Islam

Hukum Sentuhan Fisik

FORUMSANTRI – Islam sebagai agama yang sempurna telah mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk Hukum Sentuhan Fisik interaksi sosial antara pria dan wanita. Dalam konteks bersentuhan fisik, Islam menetapkan batasan-batasan yang bertujuan untuk menjaga kemuliaan akhlak dan mencegah terjadinya fitnah atau perbuatan zina.

Hukum Sentuhan Fisik dengan lawan jenis yang bukan mahram adalah haram, sebagaimana dinyatakan dalam beberapa hadis:

  • Hadis Riwayat Abu Hurairah: “Rasulullah SAW bersabda, ‘Seandainya kepala seseorang ditusuk dengan jarum yang terbuat dari besi, itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.'” (HR. At-Thabrani)

  • Hadis Riwayat Jabir bin Abdullah: “Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya aku tidak bersalaman dengan wanita-wanita.'” (HR. Malik)

Berdasarkan hadis-hadis tersebut, para ulama sepakat bahwa bersentuhan fisik dengan lawan jenis yang bukan mahram merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam. Hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan syahwat dan fitnah yang dapat merusak akhlak dan hubungan sesama muslim.

Dalil yang Memberikan Kelonggaran

Meskipun hukum sentuhan fisik dengan lawan jenis yang bukan mahram adalah haram, namun terdapat beberapa situasi di mana terdapat dalil yang memberikan kelonggaran.

  • Bersentuhan dengan tujuan medis: Dalam kondisi darurat, misalnya untuk memberikan pertolongan pertama atau pemeriksaan medis, bersentuhan dengan lawan jenis diperbolehkan dengan syarat dilakukan dalam batas-batas yang wajar dan tidak menimbulkan syahwat.

  • Bersentuhan dengan anak-anak: Hukum bersentuhan dengan anak-anak yang belum baligh tidak dianggap haram, karena mereka belum memiliki syahwat.

  • Bersentuhan dengan orang tua yang sudah lanjut usia: Bersentuhan dengan orang tua yang sudah lanjut usia dan tidak memiliki daya tarik seksual diperbolehkan dengan syarat tidak menimbulkan syahwat.

Hikmah di Balik Batasan Sentuhan Fisik

Batasan-batasan yang ditetapkan Islam terkait hukum sentuhan fisik dengan lawan jenis memiliki banyak hikmah, di antaranya:

  • Menjaga kemuliaan akhlak: Islam mengajarkan untuk menjaga pandangan dan pergaulan agar terhindar dari perbuatan zina. Sentuhan fisik yang tidak wajar dapat membuka jalan menuju zina.

  • Mencegah fitnah: Sentuhan fisik yang tidak wajar dapat menimbulkan prasangka dan fitnah yang dapat merusak hubungan antar individu dan masyarakat.

  • Menjaga ketenangan hati: Dengan menghindari sentuhan fisik yang tidak wajar, seseorang dapat menjaga ketenangan hati dan pikirannya, serta terhindar dari godaan syahwat.

Dalam kehidupan sehari-hari, hukum sentuhan fisik antara pria dan wanita tidak dapat sepenuhnya dihindari. Namun, dengan memahami batasan-batasan yang ditetapkan Islam dan hikmah di baliknya, umat Islam dapat menjaga kemuliaan akhlak, mencegah fitnah, dan mewujudkan masyarakat yang harmonis.(MIS)

Pos terkait