Keutamaan Mengisi Shaf: Pahala Berlimpah, Dosa Terampuni

Keutamaan Mengisi Shaf

FORUMSANTRI – Sholat berjama’ah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain pahala yang berlipat ganda, sholat berjama’ah juga dapat mempererat silaturahmi antar sesama umat Muslim. Namun, ada beberapa adab yang harus diperhatikan saat melaksanakan sholat berjama’ah, salah satunya adalah Keutamaan Mengisi Shaf.

Mengisi shaf yang kosong dalam sholat berjama’ah ternyata memiliki banyak keutamaan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mendapatkan pahala yang berlimpah

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang menyempurnakan shaf pertama dan mengisi shaf-shaf yang masih kosong, maka dia akan mendapatkan pahala yang sempurna.” (HR. Abu Dawud)

Hadits ini menunjukkan bahwa keutamaan mengisi shaf yang kosong merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

  1. Menjadi sebab diampuninya dosa

Imam Nawawi dalam kitabnya “Al-Majmu’ Syarah Muhadzdzab” menjelaskan bahwa keutamaan mengisi shaf yang kosong dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa kita. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi: “Barangsiapa yang sholat berjama’ah selama empat puluh hari secara beruntun, maka dia akan dicatat sebagai orang yang selalu berdzikir kepada Allah dan dijauhkan dari siksa neraka.” (HR. Tirmidzi)

  1. Melengkapi barisan sholat

Mengisi shaf yang kosong dapat melengkapi barisan sholat berjama’ah sehingga terlihat lebih rapi dan teratur. Hal ini tentunya akan menambah kekhusyukan dalam sholat.

  1. Menutup celah bagi syaitan

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya syaitan sangat senang melintas di antara celah-celah shaf sholat.” (HR. Abu Dawud)

Dengan keutamaan mengisi shaf yang kosong, kita telah menutup celah yang dapat dimanfaatkan oleh syaitan untuk mengganggu kekhusyukan sholat kita.

  1. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW

Rasulullah SAW selalu menjadi teladan bagi umatnya, termasuk dalam hal sholat berjama’ah. Beliau selalu mengisi shaf yang kosong dan menganjurkan umatnya untuk melakukan hal yang sama.

Oleh karena itu, meng isi shaf yang kosong dalam sholat berjama’ah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak ke utamaan. Dengan mengisi shaf yang kosong, kita tidak hanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, tetapi juga melengkapi barisan sholat, menutup celah bagi syaitan, dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.(MIS)

Pos terkait