Surga Dunia Sesungguhnya, Bisa Membawamu ke Surga Akhirat

Surga Dunia Sesungguhnya

FORUMSANTRI – Surga adalah tempat yang dijanjikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertakwa. Surga digambarkan sebagai tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan yang tiada tara. Namun, surga tidak hanya ada di akhirat, melainkan juga ada surga di dunia. Apakah surga dunia sesungguhnya? mari kita bahas di artikel ini agar semua kita dapat menggapai tersebut.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“Sebaik-baik kenikmatan dunia adalah wanita yang salehah.” (HR. An-Nasa’i)

Hadits ini menunjukkan bahwa kenikmatan dunia yang paling utama adalah kenikmatan yang berkaitan dengan keimanan dan ketakwaan. Kenikmatan dunia yang berkaitan dengan materi dan fisik, seperti kekayaan, jabatan, dan kesenangan, hanyalah kenikmatan sesaat yang tidak akan bertahan lama.

Surga Dunia Menurut Ibnu Taimiyah

Ibnu Taimiyah pernah mengatakan,

Sesungguhnya di dunia ini ada surga, barang siapa yang tidak masuk surga dunia, tidak akan masuk surga akhirat.”

Ustad dr. Raehanul Bahraen, M. Sc, Sp. PK menyimpulkan bahwa surga dunia tersebut adalah ketenangan jiwa, kebahagian, manisnya iman dan kokohnya tauhid.

Ketenangan Jiwa

Ketenangan jiwa adalah kondisi jiwa yang merasa damai, tenteram, dan tidak gelisah. Ketenangan jiwa dapat diraih dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Cara Mencapai Ketenangan Jiwa

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencapai ketenangan jiwa:

  • Meningkatkan ibadah dan ketakwaan. Ibadah dan ketakwaan adalah kunci utama untuk meraih ketenangan jiwa. Semakin kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, semakin kita akan merasakan ketenangan jiwa.
  • Menjaga hubungan dengan Allah SWT. Kita dapat menjaga hubungan dengan Allah SWT dengan cara selalu mengingat-Nya, berdoa, dan beribadah kepada-Nya.
  • Membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah obat bagi hati yang gelisah. Membaca Al-Qur’an dapat membantu kita untuk menenangkan jiwa dan pikiran.
  • Berzikir. Berzikir adalah cara yang efektif untuk mengingat Allah SWT. Berzikir dapat membantu kita untuk merasa dekat dengan Allah SWT dan menghilangkan kegelisahan dalam hati.
  • Melakukan sedekah. Sedekah dapat membantu kita untuk berbagi dengan sesama dan merasakan kebahagiaan. Sedekah juga dapat menghapus dosa dan melapangkan rezeki.

Kebahagiaan

Kebahagiaan adalah kondisi jiwa yang merasa senang, puas, dan gembira. Kebahagiaan dapat diraih dengan cara bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dan selalu berbuat baik kepada sesama.

Cara Mencapai Kebahagiaan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencapai kebahagiaan:

  • Bersyukur. Bersyukur adalah kunci utama untuk meraih kebahagiaan. Semakin kita bersyukur, semakin kita akan merasakan kebahagiaan.
  • Berbuat baik kepada sesama. Kebaikan kepada sesama akan membuat kita merasa bahagia dan gembira.
  • Membantu orang lain. Membantu orang lain adalah cara yang baik untuk berbagi kebahagiaan. Membantu orang lain juga dapat membuat kita merasa lebih baik tentang diri kita sendiri.
  • Melakukan hal-hal yang kita sukai. Melakukan hal-hal yang kita sukai dapat membuat kita merasa bahagia dan gembira.

Manisnya Iman

Manisnya iman adalah rasa cinta dan kasih sayang yang mendalam kepada Allah SWT. Manis iman dapat dirasakan oleh orang yang selalu mengingat Allah SWT, dan selalu berusaha untuk mentaati-Nya.

Cara Mencapai Manis Iman

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencapai manis iman:

  • Selalu mengingat Allah SWT. Selalu mengingat Allah SWT dapat membantu kita untuk merasakan manisnya iman.
  • Berusaha untuk mentaati Allah SWT. Berusaha untuk mentaati Allah SWT dapat membuat kita semakin dekat dengan-Nya dan merasakan manisnya iman.
  • Membaca kisah-kisah orang shalih. Membaca kisah-kisah orang shalih dapat membantu kita untuk termotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik dan merasakan manisnya iman.

Kokohnya Tauhid

Kokohnya tauhid adalah keyakinan yang kuat kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Kokohnya tauhid dapat diraih dengan cara mempelajari ilmu tauhid, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mencapai Kokohnya Tauhid

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencapai kokohnya tauhid:

  • Belajar ilmu tauhid. Ilmu tauhid dapat membantu kita untuk memahami keesaan Allah SWT dan meningkatkan keyakinan kita kepada-Nya.
  • Amalkan ilmu tauhid dalam kehidupan sehari-hari. Amalkan ilmu tauhid dengan cara selalu mengingat Allah SWT, beribadah kepada-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Bersikap tawakal kepada Allah SWT. Tawakkal adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT. Tawakkal dapat membantu kita untuk tetap yakin kepada Allah SWT, bahkan di saat-saat sulit.

Menjaga diri dari syirik. Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT. Syirik adalah dosa besar yang dapat menghancurkan iman seseorang. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga diri dari syirik.

Surga dunia bukanlah surga yang bersifat fisik, melainkan surga yang bersifat spiritual. Surga dunia dapat diraih dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Pos terkait