Bersyukur atas Hal-hal Sederhana: Rahasia Hidup yang Penuh Berkah

Nikmat yang jarang disyukuri

FORUMSANTRI – Dalam hiruk pikuk kehidupan, kita seringkali dikejar oleh harta, jabatan, atau pencapaian besar. Namun, di tengah kesibukan mengejar cita-cita, acapkali kita melupakan nikmat yang jarang disyukuri. Islam memandang pentingnya menyadari dan bersyukur atas segala karunia Allah, tak terkecuali nikmat-nikmat yang sering terabaikan.

Salah satu nikmat tersembunyi adalah waktu luang. Ketika dikejar deadline atau tenggelam dalam rutinitas, waktu senggang kerap dipandang sebagai sesuatu yang “dikorbankan” demi mengejar kesuksesan.

Padahal, Islam mengajarkan bahwa waktu luang adalah anugerah untuk beristirahat, merenung, dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan waktu luang, kita bisa membaca Al-Quran, beribadah dengan tenang, atau bersilaturahmi dengan keluarga.

Luangkan waktu sejenak untuk bersyukur, maka waktu luang ini tak lagi terasa hampa, melainkan menjadi kesempatan untuk mengisi jiwamu.

Nikmat lain yang sering luput dari syukur adalah kesehatan. Kita baru menyadari betapa berharganya tubuh yang sehat ketika jatuh sakit. Islam mengingatkan bahwa kesehatan adalah nikmat luar biasa yang memungkinkan kita beribadah, bekerja, dan berkarya.

Bersyukur atas kesehatan bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, berolahraga, dan bersabar saat ditimpa ujian berupa penyakit. Ingatlah, tubuh yang sehat adalah modal utama untuk menggapai ridha Allah.

Selain itu, panca indra yang berfungsi dengan baik juga termasuk nikmat tersembunyi. Nikmati keindahan ciptaan Allah lewat penglihatan, aroma harum bunga lewat penciuman, suara kicau burung lewat pendengaran, dan kelezatan makanan lewat pengecapan.

Rasa syukur atas panca indra bisa diwujudkan dengan menggunakannya untuk hal-hal baik, seperti membaca Al-Quran, melantunkan zikir, dan membantu sesama.

Jangan lupa bersyukur atas keluarga dan sahabat. Kehadiran mereka di kehidupan kita adalah bentuk kasih sayang Allah. Mereka menjadi teman berbagi suka duka, sumber nasihat, dan pelipur lara. Bersyukur atas mereka bisa diwujudkan dengan mempererat silaturahmi, saling memaafkan, dan mendoakan kebaikan mereka.

Terakhir, syukurilah nikmat iman dan Islam. Dengan iman, kita diberikan petunjuk untuk menjalani hidup sesuai dengan kehendak Allah. Dengan Islam, kita memiliki perangkat lengkap untuk meraih takwa dan kedekatan dengan Allah.

Bersyukur atas nikmat iman dan Islam bisa diwujudnyatakan dengan menjalankan syariat-Nya, beribadah dengan tekun, dan menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang baik.

Dengan menyadari dan bersyukur atas nikmat-nikmat tersembunyi ini, hidup kita akan terasa lebih kaya dan penuh makna.

Jadi, mulai sekarang, marilah lebih peka terhadap segala karunia Allah, sekecil apapun. Ucapkan Alhamdulillah dengan tulus, ikhlas, dan syukuri nikmat tersembunyi yang selama ini sering luput dari perhatian kita.

Nikmat yang disyukuri akan terasa bertambah, sedangkan nikmat yang diabaikan bisa hilang lenyap dalam sekejap mata. Ingatlah, syukur adalah kunci untuk membuka pintu nikmat yang lebih besar lagi.

Marilah bersama-sama menggali syukur di balik hal biasa, dan wujudkan hidup yang penuh berkah dengan selalu mengingat dan memuliakan Allah atas segala karunia-Nya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *