Cara Makan Islam Jarang Diketahui, Sangat Di Anjurkan Oleh Ilmu Kesehatan

Cara Makan Islam Jarang Diketahui

FORUMSANTRI – Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan kesehatan umatnya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai ajarannya, termasuk dalam hal makan. Dalam Islam, terdapat tata cara makan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umatnya. Tata cara makan islam jarang diketahui ini tidak hanya bermanfaat dalam hal spiritual, tetapi juga baik dalam ilmu kesehatan.

Cara Makan Islam yang Jarang Diketahui

Berikut adalah beberapa tata cara makan Islam yang jarang diketahui, tetapi baik dalam ilmu kesehatan:

  • Membaca basmalah sebelum makan

Membaca basmalah sebelum makan merupakan salah satu tata cara makan Islam yang paling dasar. Hal ini merupakan perintah Allah SWT dalam firman-Nya yang berbunyi:

“Dan apabila kamu makan, maka makanlah dari yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang Mahakuasa, Yang Maha Penyayang.” (QS. Al-A’raf: 31)

Membaca basmalah sebelum makan memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Hal ini dikarenakan basmalah merupakan doa yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT. Selain itu, membaca basmalah juga dapat membantu kita untuk lebih fokus dalam menikmati makanan.

  • Mencuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu tata cara makan Islam yang sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan kotoran. Kotoran yang ada di tangan dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, muntaber, dan penyakit lainnya.

Mencuci tangan sebelum makan dapat membantu untuk membersihkan tangan dari kotoran dan kuman. Hal ini dapat mencegah kita dari berbagai penyakit.

  • Makan dengan tangan kanan

Makan dengan tangan kanan merupakan salah satu tata cara makan Islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dikarenakan tangan kanan merupakan tangan yang digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik, sedangkan tangan kiri merupakan tangan yang digunakan untuk melakukan hal-hal yang kotor.

Makan dengan tangan kanan memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga kebersihan. Hal ini dikarenakan tangan kanan lebih sering dibersihkan daripada tangan kiri. Selain itu, makan dengan tangan kanan juga dapat membantu kita untuk lebih fokus dalam menikmati makanan.

  • Makan dalam keadaan duduk

Makan dalam keadaan duduk merupakan salah satu tata cara makan Islam yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan makan dalam keadaan duduk dapat membantu untuk mencegah terjadinya refluks asam lambung. Refluks asam lambung merupakan kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti mual, muntah, dan nyeri dada.

  • Makan dengan perlahan-lahan

Makan dengan perlahan-lahan merupakan salah satu tata cara makan Islam yang baik untuk pencernaan. Hal ini dikarenakan makan dengan perlahan-lahan dapat membantu untuk mengunyah makanan dengan lebih sempurna. Mengunyah makanan dengan sempurna dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi.

  • Tidak berbicara saat makan

Tidak berbicara saat makan merupakan salah satu tata cara makan Islam yang baik untuk kesehatan mulut. Hal ini dikarenakan berbicara saat makan dapat menyebabkan makanan terselip di sela-sela gigi. Makanan yang terselip di sela-sela gigi dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, seperti gigi berlubang dan bau mulut.

Manfaat Tata Cara Makan Islam bagi Kesehatan

Tata cara makan Islam memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Mencegah penyakit

Tata cara makan Islam dapat membantu untuk mencegah berbagai penyakit, seperti diare, muntaber, penyakit jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Tata cara makan Islam dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan tata cara makan Islam dapat membantu untuk mengunyah makanan dengan lebih sempurna dan mencegah terjadinya refluks asam lambung.

  • Meningkatkan kesehatan mulut

Tata cara makan Islam dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan mulut. Hal ini dikarenakan tata cara makan Islam dapat mencegah makanan terselip di sela-sela gigi.

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Tata cara makan Islam dapat membantu untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Hal ini dikarenakan tata cara makan Islam dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan jiwa.

Tata cara makan Islam merupakan ajaran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan umat Islam. Tata cara makan Islam ini tidak hanya baik dalam hal spiritual, tetapi juga baik dalam ilmu kesehatan. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk mengikuti tata cara makan Islam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar