Forum Santri Zilenial (FORSAZ) Gelar Lomba Qasidah di Kabupaten Lebak dan Pandeglang

Forum Santri Zilenial (FORSAZ) Kabupaten Lebak dan Pandeglang menggelar lomba kasidah se-Kabupaten Lebak dan Pandeglang pada Minggu, 19 Januari 2024 di Lapangan Futsal Sudamanik, Cimarga, Kabupaten Lebak. Lomba ini diikuti oleh puluhan grup kasidah dari berbagai pondok pesantren dan lembaga pendidikan Islam di kedua kabupaten tersebut.

Lomba kasidah ini digelar untuk melestarikan seni kasidah yang merupakan salah satu seni tradisional Islam yang masih digemari oleh masyarakat di Banten. Lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan para santri dalam berdakwah melalui seni.

Ketua FORSAZ, Neng Siti Julaiha, mengatakan bahwa lomba kasidah ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali minat masyarakat terhadap seni kasidah. “Lomba ini juga bertujuan untuk memberikan wadah bagi para santri untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya dalam berdakwah,” kata Neng Siti.

Lomba kasidah ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori putra dan putri. Penilaian lomba meliputi aspek vokal, musik, dan koreografi. Juara I lomba kasidah kategori putra diraih oleh grup kasidah “Suara Aswaja” dari Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin, Curugbitung, Kabupaten Lebak. Juara I lomba kasidah kategori putri diraih oleh grup kasidah “Al-Azhar” dari Pondok Pesantren Al-Azhar, Pandeglang.

Juara I lomba kasidah berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala, dan piagam penghargaan. Juara II dan III masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala, dan piagam penghargaan.

Neng Siti berharap bahwa lomba kasidah ini dapat menjadi motivasi bagi para santri untuk terus berkarya dan berdakwah melalui seni. “Lomba ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni kasidah,” kata Neng Siti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *