7 Amalan Penting di Bulan Rajab yang Pahalanya Luar Biasa, Perbanyak Puasa Sunnah!

Bulan Rajab merupakan bulan istimewa bagi umat Islam. Bulan yang berada di antara Jumadil Akhir dan Sya’ban ini memiliki banyak keutamaan dan kemuliaan. Pahala amalan yang dilakukan di bulan Rajab dilipatgandakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh di bulan ini.

Berikut adalah 7 amalan penting yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Rajab, beserta penjelasan dan keutamaannya:

1. Perbanyak Puasa Sunnah

Dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan Rajab. Beberapa puasa sunnah yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Puasa Ayyamul Bidh, yaitu puasa tiga hari pada pertengahan bulan Rajab (tanggal 13, 14, dan 15).
  • Puasa Senin dan Kamis.
  • Puasa Daud, yaitu puasa berselang-seling (satu hari puasa, satu hari tidak).

Keutamaan puasa sunnah di bulan Rajab sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berpuasa tiga hari pada pertengahan bulan Rajab, maka baginya ampunan dosa yang telah lalu dan yang akan datang.” (HR. An-Nasa’i)

2. Memperbanyak Shalat Sunnah

Selain puasa, dianjurkan juga untuk memperbanyak shalat sunnah di bulan Rajab. Beberapa shalat sunnah yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Shalat Rawatib, yaitu shalat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat wajib.
  • Shalat Dhuha, yaitu shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu matahari meninggi.
  • Shalat Tahajud, yaitu shalat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam terakhir.

Keutamaan shalat sunnah di bulan Rajab juga sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mengerjakan shalat dua belas rakaat pada malam Rajab, maka Allah SWT akan menghapuskan baginya dua belas dosa besar.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Memperbanyak Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Rajab. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Apa saja harta yang baik yang kamu infakkan, niscaya kamu akan diganti dengan yang lebih baik.” (QS. Al-Baqarah: 261)

Keutamaan sedekah di bulan Rajab sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bersedekah pada bulan Rajab, maka Allah SWT akan lipatgandakan pahalanya tujuh puluh kali lipat.” (HR. Ad-Daruqutni)

4. Memperbanyak Istighfar

Istighfar atau memohon ampun kepada Allah SWT merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Rajab. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 160)

Keutamaan istighfar di bulan Rajab sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang memperbanyak istighfar pada bulan Rajab, maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya dan menghapuskan kesedihannya.” (HR. Ath-Thabrani)

5. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Rajab. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya Al-Qur’an itu petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Rajab sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca Al-Qur’an pada bulan Rajab, maka Allah SWT akan mengangkatnya ke derajat yang tinggi dan dicintai oleh para malaikat.” (HR. Ad-Duylami)

6. Memperbanyak Zikir

Zikir atau mengingat Allah SWT merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Rajab. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 42)

Keutamaan dzkir Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Zikir adalah ibadah yang paling mudah dilakukan, tetapi memiliki keutamaan yang sangat besar. Dengan berdzikir, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mempererat hubungan kita dengan-Nya.

7. Memperbanyak Doa

Doa merupakan ibadah yang sangat dianjurkan di setiap waktu, termasuk di bulan Rajab. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu.” (QS. Al-Mu’min: 60)

Keutamaan doa di bulan Rajab sangat besar. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berdoa pada bulan Rajab, maka doanya akan dikabulkan.” (HR. Baihaqi)

Itulah 7 amalan penting yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Rajab. Semoga kita semua dapat mengamalkannya dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkan amalan-amalan di atas:

  • Mulailah dari amalan yang kecil. Jangan memaksakan diri untuk langsung melakukan amalan yang besar. Mulailah dari amalan yang kecil, dan tingkatkan secara bertahap.
  • Tetaplah konsisten. Amalan yang paling utama adalah amalan yang dikerjakan secara konsisten.
  • Jangan lupa untuk berdoa. Mintalah pertolongan Allah SWT untuk dapat mengamalkan amalan-amalan tersebut.

Pos terkait