Latihan Kader Dakwah Siapkan Santri Al-Junaidiyah Biru Menyambut Ramadhan

LKD Al-Junaidiyah

Menjelang bulan Ramadhan 1445 H yang diprediksi jatuh pada bulan Maret 2024 M, Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru kembali menyiapkan para santrinya untuk melakukan pengabdian masyarakat.

Salah satu persiapannya adalah dengan melatih santri agar mampu berdakwah dengan efektif. Andi Ilmiah Makmur, bersama guru Madrasah Aliyah (MA) Al-Junaidiyah Biru, melatih santri bagaimana menyampaikan pesan agama agar menarik, mudah dipahami, dan mendorong jamaah untuk mengamalkannya.

Setiap santri diharuskan menyiapkan konsep dakwah dan mempresentasikannya di depan kelas. Guru kemudian memberikan koreksi dan masukan untuk membantu santri tampil lebih baik.

Kepala MA Al-Junaidiyah Biru, Mastati Suhardy, mengatakan bahwa Latihan Kader Dakwah (LKD) ini merupakan kegiatan wajib bagi santri setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan santri agar lebih siap saat tampil berdakwah di depan publik.

Mastati berharap dakwah yang disampaikan santri dapat menghadirkan kesejukan bagi umat dan mengajak mereka untuk memahami Islam yang penuh Rahmah, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para santri Al-Junaidiyah Biru dapat menjadi dai cilik yang mampu menyebarkan dakwah Islam dengan cara yang efektif dan penuh kasih sayang.

Para santri terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka bersemangat untuk belajar dan meningkatkan kemampuan dakwah mereka.

Salah satu santri, Aisyah, mengatakan bahwa dia merasa terbantu dengan pelatihan ini. “Saya belajar banyak tentang cara menyampaikan dakwah dengan menarik dan mudah dipahami,” kata Aisyah.

Santri lainnya, Muhammad, mengatakan bahwa dia merasa lebih percaya diri setelah mengikuti pelatihan ini. “Saya siap untuk berdakwah di depan publik dan menyebarkan pesan Islam yang penuh Rahmah,” kata Muhammad.

Pelatihan LKD ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru dalam mencetak generasi muda yang Islami dan berwawasan luas. Dengan dakwah yang efektif dan penuh kasih sayang, diharapkan para santri dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Pada bulan Ramadhan nanti, para santri akan diterjunkan ke berbagai daerah untuk melakukan pengabdian masyarakat. Mereka akan menjadi imam tarawih, menyampaikan dakwah, dan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Semoga dengan pelatihan ini, para santri Al-Junaidiyah Biru dapat menjadi dai cilik yang membawa manfaat bagi umat dan bangsa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *