Tak Cuma Mengaji: Ini Dia 12 Kebiasaan Unik Santri Putra yang Bisa Kamu Tiru!

Kehidupan santri di pesantren identik dengan kedisiplinan dan kesederhanaan. Hal ini juga tercermin dalam kebiasaan mereka saat belajar.

Berikut adalah 12 kebiasaan santri putra saat sedang belajar:

1. Mengaji

Kebiasaan utama santri saat belajar adalah mengaji. Mereka mengaji berbagai kitab suci, seperti Al-Quran, Hadits, dan kitab-kitab lainnya. Mengaji dilakukan secara individual maupun berkelompok.

2. Menghafal

Santri juga memiliki kebiasaan menghafal ayat-ayat Al-Quran, Hadits, dan doa-doa. Menghafal dilakukan untuk memperkuat hafalan dan meningkatkan pemahaman terhadap agama.

3. Menulis

Santri juga terbiasa menulis catatan saat belajar. Mereka menulis poin-poin penting dari pelajaran yang disampaikan oleh ustadz. Menulis membantu santri untuk lebih fokus dan mengingat pelajaran dengan lebih baik.

4. Berdiskusi

Santri sering berdiskusi dengan teman-temannya tentang pelajaran yang telah dipelajari. Berdiskusi membantu santri untuk memahami pelajaran dengan lebih mendalam dan dari berbagai sudut pandang.

5. Mengajar

Santri senior terbiasa membantu santri junior dalam belajar. Mereka mengajar dengan cara menjelaskan materi pelajaran atau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh santri junior.

6. Mengikuti Kajian

Santri sering mengikuti kajian ilmu yang diadakan di pesantren. Kajian ini biasanya disampaikan oleh ustadz atau kiai yang ahli di bidangnya.

7. Membaca Buku

Santri juga memiliki kebiasaan membaca buku-buku agama, sejarah, dan sains. Membaca buku membantu santri untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka.

8. Mengatur Waktu

Santri terbiasa mengatur waktu belajar mereka dengan baik. Mereka membagi waktu mereka antara belajar, mengaji, menghafal, dan kegiatan lainnya.

9. Menjaga Kebersihan

Santri menjaga kebersihan diri dan lingkungan belajar mereka. Mereka membersihkan tempat belajar sebelum dan setelah digunakan.

10. Berpakaian Rapi

Santri terbiasa berpakaian rapi saat belajar. Mereka memakai sarung, baju koko, dan peci.

11. Bersikap Sopan

Santri bersikap sopan kepada ustadz, kiai, dan teman-temannya. Mereka menggunakan bahasa yang santun dan menghormati orang lain.

12. Berdoa

Santri selalu berdoa sebelum dan setelah belajar. Mereka memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam memahami pelajaran dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Kebiasaan-kebiasaan ini membantu santri untuk menjadi pribadi yang disiplin, berpengetahuan, dan berakhlak mulia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *