Kenali Kurma Isriwil, Tandai dan Boikot Merek Kurma Berikut!!!

Kurma Isriwil

Kenali Kurma IsriwilMenghadapi bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari, aksi solidaritas terhadap Palestina semakin menguat. Sebuah ajakan boikot terhadap kurma produk Israel mulai mencuat, menjadi bagian dari upaya melawan terus berlanjutnya serangan Israel di wilayah Palestina. Dilansir oleh Middle East Eye, seruan ini tidak hanya sebagai bentuk protes, tetapi juga diharapkan mampu memberikan dampak nyata terhadap penjualan kurma Israel di pasar Eropa saat bulan suci Ramadhan tiba.

Sebagian besar kurma Israel, tepatnya sepertiga dari total ekspornya, diarahkan untuk dipasarkan selama bulan Ramadhan. Produsen setempat bahkan mengalokasikan dana sebesar 550.000 USD (sekitar Rp8,7 miliar) untuk kampanye iklan guna mempromosikan kurma Medjool Israel. Namun, ajakan boikot ini mengancam kampanye tersebut, menciptakan ketakutan akan penurunan penjualan yang signifikan.

“Kampanye iklan sebesar 550.000 USD (sekitar Rp8,7 miliar) digunakan untuk biaya promosi kurma Medjool Israel, harus dihentikan sebagai respons ketakutan terhadap boikot,” demikian pernyataan dari salah satu produsen.

Meskipun Israel menjadi salah satu pengekspor kurma terbesar di dunia, gerakan boikot terhadap produk-produk asal Israel atau yang berafiliasi dengan negara tersebut tetap gencar dilakukan. Solidaritas terhadap Palestina menjadi pendorong utama di balik gerakan ini, sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan yang terus berlanjut melawan serangan Israel di wilayah tersebut.

Daftar Merk Kurma Produk Israel yang Diboikot

Informasi dari Palestine Campaign dan American Muslim for Palestine menyediakan daftar merk kurma produk Israel yang diimbau untuk boikot. Beberapa di antaranya termasuk:

  1. Mehadrin
  2. MTex
  3. Edom
  4. Agrexco
  5. Arava
  6. Hadiklaim
  7. King Solomon Dates
  8. Jordan River dan Jordan River Bio-Top
  9. Urban Platter
  10. Sincerely Nuts
  11. Star Dates
  12. Delilah
  13. Anna and Sarah
  14. Food to Live
  15. Navafresh
  16. Shah Co

Cara Membedakan Kurma Asal Israel

Membedakan kurma asal Israel dari produk lainnya menjadi langkah penting dalam menjalankan ajakan boikot. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan:

  1. Periksa Label Produk: Saat membeli kurma, perhatikan dengan seksama label produk. Hindari membeli kurma yang diproduksi atau dikemas di Israel atau pemukiman Tepi Barat.
  2. Perhatikan Label Kurma Medjool: Beberapa kurma Medjool dijual di supermarket berasal dari tanaman yang ditanam di Israel atau pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina. Kewaspadaan ekstra diperlukan saat memilih kurma jenis ini.
  3. Hindari Label Hadiklaim: Perusahaan ini merupakan pengekspor terbesar kurma dari Israel dan pemukiman ilegalnya. Oleh karena itu, hindari membeli kurma dengan label Hadiklaim.

MUI (Majelis Ulama Indonesia) Ikut Ambil Bagian dalam Ajakan Boikot

Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut merespons ajakan boikot ini dengan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membeli produk Israel, termasuk merk kurma asal Israel. Hal ini merujuk pada Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina, yang dikeluarkan pada 8 November 2023. Fatwa tersebut menjelaskan bahwa mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina adalah hukum yang wajib, sementara mendukung agresi Israel atau pihak yang mendukung Israel secara langsung dan tidak langsung dianggap haram.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan masyarakat dapat ikut serta dalam gerakan solidaritas dan membantu menghindari produk-produk kurma asal Israel. Bulan suci Ramadhan tahun 2024 diharapkan menjadi momentum bagi umat Islam untuk lebih bijak dalam memilih produk yang dikonsumsi, sebagai bagian dari dukungan terhadap perjuangan yang lebih besar. Solidaritas tidak hanya terbatas pada kata-kata, tetapi juga melalui tindakan nyata, termasuk memilih produk dengan teliti sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

Pos terkait