Kompetisi FASI XII, Santri TPA Depok Bersaing Sehat di Festival Anak Soleh

Festival Anak Soleh

Kompetisi FASI XIISebanyak 660 santri Taman Pendidikan Alquran (TPA) mengukir momen berharga di Festival Anak Soleh (FASI) XII, sebuah kompetisi yang diadakan di Kompleks Masjid Jenderal Soedirman, Colombo, Caturtunggal, Depok, Sleman. Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Badko TPA Depok dan telah menarik perhatian para santri dari 60 Masjid atau TPA di wilayah Depok, Sleman.

Tersebar dalam 48 kategori, lomba ini mencakup beragam usia dan bakat, mulai dari menggambar mewarnai hingga merdukan azan dan nasyid. Sejak proses penjaringan pada bulan September 2023, para peserta telah mempersiapkan diri dengan penuh semangat, menjadikan FASI XII sebagai sebuah pesta bergengsi yang membanggakan bagi anak-anak TPA di Depok.

Muat dengan semangat kompetitif dan nilai-nilai positif, Festival Anak Soleh menandai kesempatan bagi para santri untuk bersaing secara sehat dan mengasah bakat mereka dalam lingkungan yang mendukung. Ketua Panitia FASI XII Depok Sleman, Muhammad Mualim, mengungkapkan harapannya agar kompetisi ini memberikan pengalaman positif yang tak terlupakan dan menjadi bekal berharga bagi perkembangan spiritual para santri. Mualim juga menekankan bahwa FASI XII bukan sekadar lomba, melainkan sebuah wadah pembinaan yang dapat membentuk karakter generasi muda dalam mendalami ajaran agama Islam.

Muhammad Mualim, Ketua Panitia FASI XII Depok Sleman, menyatakan bahwa peminat kompetisi sangat tinggi karena diselenggarakan secara berjenjang. Para pemenang dalam berbagai kategori lomba akan melanjutkan perjuangan mereka ke level kabupaten, membawa harum nama TPA mereka masing-masing. Proses penjaringan dan persiapan telah dilakukan sejak September 2023, memberikan waktu yang cukup bagi para santri untuk mempersiapkan diri dan berkompetisi secara sehat.

Mualim menyebutkan, “Jadi ini bisa disebut pesta besar anak-anak TPA di Depok. Kompetisi ini memiliki tingkat bergengsi yang cukup tinggi di kalangan santri TPA. Mereka sudah dipersiapkan sejak lama, dan sekarang saatnya mereka berkompetisi dengan semangat positif dan sehat.”

Kompetisi ini mencakup 48 kategori lomba untuk putra dan putri dengan beragam rentang usia. Beberapa kategori yang mendapatkan partisipasi paling besar adalah lomba menggambar mewarnai, azan, dan nasyid. Lomba-lomba ini digelar secara berjenjang, menambah daya tarik dan kompleksitas kompetisi. Seluruh pemenang akan mewakili Depok Sleman dalam ajang kompetisi tingkat kabupaten yang dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Mualim menjelaskan, “Semua pemenang lomba akan melanjutkan ke level kabupaten, terutama yang meraih juara pertama. Konsep berjenjang ini memberikan sentuhan bergengsi pada kompetisi di kalangan santri TPA. Tak hanya Depok, kecamatan-kecamatan lain juga telah menggelar lomba serupa.”

Tidak hanya melibatkan santri, FASI XII juga melibatkan Korps Dakwah Islamiah (Kordiska) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Dengan melibatkan perguruan tinggi Islam, diharapkan kompetisi ini dapat menjadi ajang pembinaan dan pertukaran pengetahuan antara generasi muda santri dan mahasiswa. Hal ini mendukung visi pendidikan Islam yang holistik dan terintegrasi.

Kompetisi Festival Anak Soleh XII menggarisbawahi pentingnya pendidikan agama sejak dini, dengan melibatkan TPA sebagai lembaga pendidikan Islam informal yang berperan penting dalam membentuk karakter dan pengetahuan agama anak-anak. Melalui kompetisi ini, diharapkan santri dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang memiliki keimanan yang kuat dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *