UINSU Medan Raih Peringkat Delapan Terbaik Versi Webometrics 2024

Peringkat UINSU Medan

UINSU MedanUniversitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan kembali menorehkan prestasi gemilang dalam dunia pendidikan tinggi Indonesia. Menurut hasil pemeringkatan dari Webometrics 2024, UINSU berhasil meraih peringkat delapan dari 10 Universitas Islam Negeri (UIN) terbaik di Indonesia. Pencapaian ini menegaskan bahwa UINSU semakin mampu bersaing dan menjadi pilihan utama masyarakat, khususnya di wilayah Sumatera Utara.

Rektor UINSU, Prof. Dr. Nurhayati, MAg, dalam konferensi pers di Medan pada Selasa (5/3), menyampaikan bahwa prestasi ini adalah hasil dari fokus UINSU dalam meningkatkan kualitas di berbagai aspek. Selama beberapa tahun terakhir, universitas ini telah melakukan berbagai upaya perbaikan, mulai dari peningkatan kualitas akademik, pengembangan program studi, peningkatan jumlah mahasiswa setiap tahun, hingga pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas. Hal ini juga sejalan dengan peningkatan kerja sama dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan institusi lain yang mendukung pendidikan tinggi, khususnya dalam pengembangan pendidikan tinggi Islam.

Bacaan Lainnya

Prof. Nurhayati menjelaskan bahwa semua upgrade tersebut adalah bagian dari upaya UINSU untuk meningkatkan daya saingnya tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Pencapaian prestasi ini membuktikan bahwa UINSU tidak hanya menjadi pilihan di kalangan kampus-kampus Islam tetapi juga bersaing dengan kampus-kampus umum lainnya. Hal ini menjadi suatu kebanggaan, di mana perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) di bawah naungan Kementerian Agama dapat menjadi pilihan utama masyarakat, bukan hanya sebagai alternatif.

Prestasi UINSU juga sejalan dengan arahan Menteri Agama RI dan menjadi solusi bagi masyarakat, terutama di Sumatera Utara. UINSU baru-baru ini meningkatkan rekognisi internasionalnya dengan menjadi bagian dari Singapore Muslim Festival (SMF) 2024, yang diselenggarakan oleh organisasi keislaman Jamiyah Singapura. Pada acara tersebut, UINSU menerima penghargaan rekognisi atas kerja sama dalam bidang pendidikan tinggi Islam dan dijadikan sebagai tempat penerimaan mahasiswa internasional dari Singapura.

Webometrics, sebagai lembaga pemeringkatan, merilis daftar 10 UIN terbaik versi mereka. Dari 3.567 universitas yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2024, UINSU Medan berhasil menempati peringkat delapan, dengan peringkat nasional 107 dan peringkat dunia 5569. Adapun peringkat pertama ditempati oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung, diikuti oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Raden Intan Lampung.

Dalam upaya terus meningkatkan kualitasnya, UINSU juga tengah fokus pada pencapaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) unggul pada tahun 2024 ini. Prof. Nurhayati menyatakan bahwa berbagai persiapan, perencanaan, strategi, dan koordinasi telah dilakukan untuk mewujudkan visi misi rektor terkait pencapaian tersebut. Ia berharap doa dan dukungan dari semua pihak, termasuk alumni dan masyarakat Sumatera Utara, dapat membantu UINSU mencapai tujuannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Dengan melihat daftar 10 UIN terbaik versi Webometrics 2024, terlihat bahwa persaingan dalam dunia pendidikan tinggi semakin ketat. UINSU berhasil menempati peringkat yang membanggakan, bersaing dengan universitas-universitas terkemuka di Indonesia. Pencapaian ini diharapkan dapat memperkuat posisi UINSU sebagai pilihan utama masyarakat, bukan hanya sebagai alternatif.

Selain itu, fokus UINSU pada pencapaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) unggul menunjukkan tekad untuk terus meningkatkan standar kualitas pendidikan tinggi di tanah air. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk alumni dan masyarakat Sumatera Utara, diharapkan dapat menjadi dorongan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan begitu, prestasi UINSU Medan dalam pemeringkatan Webometrics 2024 bukan hanya sebatas pencapaian akademis semata, tetapi juga mencerminkan komitmen dalam menyediakan pendidikan tinggi berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman. Harapannya, prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan yang lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *