Pesta Keluarga Muslim di Muslim Lifefair, Peningkatan Literasi dan Dukungan Ekonomi Syariah

Muslim Lifefair

Pesta Keluarga MuslimPada Jumat, 8 Maret 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Taufik Hidayat mengungkapkan pentingnya mendukung keberlangsungan Muslim Lifefair. Acara ini, yang disebut sebagai ‘Pesta Keluarga Muslim’, dinilai memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keyakinan masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

Menurut Taufik, dampak positif dari Muslim Lifefair bukan hanya terbatas pada pribadi atau komunitas Muslim, tetapi juga membawa manfaat pada penguatan ekonomi nasional secara keseluruhan. Saat membuka acara, Taufik menyampaikan bahwa literasi ekonomi syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan dan penguatan. Data menunjukkan adanya kenaikan sebesar 28,01 persen selama tahun 2023. Dari total 10 wilayah survei, hampir seluruhnya mengalami peningkatan literasi ekonomi syariah.

Namun, Taufik menyadari perlunya terus mendorong pengembangan literasi ekonomi syariah. Meskipun ada peningkatan, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengajak masyarakat agar tidak hanya memahami konsep ekonomi syariah, tetapi juga mengonsumsi dan menggunakan produk serta jasa keuangan syariah. Hal ini dianggap sebagai langkah krusial dalam membangun kesadaran dan partisipasi lebih luas dalam ekonomi syariah.

Taufik menjelaskan bahwa KNEKS, bersama-sama dengan kementerian/lembaga dan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), terus berkolaborasi dalam menyelenggarakan program-program percepatan literasi dan inklusi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Salah satu program strategis yang dilaksanakan adalah National Halal Fair (NHF). NHF akan diselenggarakan secara serentak di 12 provinsi selama bulan Ramadhan 1445 H, melibatkan daerah-daerah seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Jambi, Aceh, dan Kalimantan Utara, selain Jakarta.

National Halal Fair dianggap sebagai kampanye nasional yang mendukung pengembangan ekonomi syariah, khususnya di sektor UMKM. UMKM menjadi fokus penting, mendapatkan perhatian luar biasa dari negara dan pemerintah. Taufik menegaskan bahwa NHF bukan hanya sebuah ajang pasar, tetapi juga merupakan sarana untuk menyediakan agenda Ramadhan di daerah. Melalui NHF, diharapkan dapat meningkatkan citra dan visibilitas produk halal, sejalan dengan visi Indonesia sebagai pusat produk halal terkemuka di dunia.

Lebih lanjut, Taufik menyampaikan bahwa National Halal Fair juga bertujuan untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif. Saat ini, konsep ini sudah menjadi bagian dan gaya hidup bagi masyarakat global.

Dengan mengenalkan semangat ini melalui NHF, diharapkan dapat membawa pengaruh positif pada perekonomian Indonesia serta meningkatkan kepedulian terhadap produk dan layanan ekonomi syariah. Acara ini menjadi momentum yang tepat untuk menggali potensi ekonomi syariah di seluruh penjuru Indonesia dan menjadikannya lebih terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Pentingnya National Halal Fair dalam mendukung ekonomi syariah di daerah dan membantu UMKM tercermin dalam upaya untuk meningkatkan image dan visibilitas produk halal. Melalui NHF, diharapkan dapat mempromosikan semangat masyarakat dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif, yang saat ini menjadi bagian dari gaya hidup dan visi Indonesia sebagai pusat produk halal terkemuka di dunia. Keseluruhan, dukungan terus-menerus terhadap Muslim Lifefair dan inisiatif seperti National Halal Fair sangat penting untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah, menjadikannya bagian integral dari perekonomian nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *