Tingkatkan Netizen Bijak, Kunci Menavigasi Dunia Digital

Makin Cakap Digital

Tingkatkan Netizen BijakDi era digital ini, internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Namun, penggunaan internet yang tidak bijak dapat membawa dampak negatif. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi digital masyarakat agar mampu menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menyelenggarakan program Makin Cakap Digital 2024. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat di berbagai segmen, termasuk komunitas.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 yang diadakan di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu (24/3/2024) menjadi contoh nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan literasi digital masyarakat. Kegiatan ini mengangkat tema “Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial” dan menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya.

Meningkatnya Pengguna Internet dan Tantangan Literasi Digital

Indeks literasi digital Indonesia pada 2022 berada di level 3,54 poin dari skala 1-5. Hal ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, namun masih ada ruang untuk pengembangan. Di sisi lain, pengguna internet di Indonesia terus bertambah, mencapai 204 juta pengguna atau 73,7 persen penduduk.

Peningkatan ini membawa tantangan baru dalam hal literasi digital. Masyarakat perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman.

Menjadi Netizen Bijak dan Menawan

Akademisi Universitas Maarif Hasyim Latif, M Adhi Prasnowo, menekankan pentingnya menjadi netizen yang bijak dalam bermedia sosial. Setiap individu harus memahami etika bermedia digital dan memikirkan secara kritis sebelum melakukan postingan.

“Stop toxic. Kita harus lebih mengedepankan berpikir bijak dan penuh kesadaran dalam menyampaikan komentar atau candaan,” kata Adhi.

Netizen bijak akan selalu membuat dan menyebarkan konten positif di media sosial. Mereka juga akan mengapresiasi konten positif dan menghapus konten negatif.

Keamanan Digital dan Perundungan Online

Dosen Ilmu Komunikasi Unesa dan Sekretaris PWI Jatim, Eko Pamuji, memaparkan tentang pentingnya pemahaman keamanan digital. Kejahatan online semakin marak, termasuk perundungan online yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

“Anak terkena perundungan sering tidur larut malam atau bahkan tidak tidur sama sekali. Nilai mata pelajaran perlahan menurun,” ujar Eko.

Meningkatkan Literasi Digital untuk Indonesia yang Lebih Baik

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kominfo RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

Dengan meningkatkan literasi digital, diharapkan masyarakat Indonesia dapat menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman, serta mampu menciptakan ruang digital yang positif dan kondusif.

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu (24/3/2024) merupakan upaya nyata pemerintah untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Kegiatan ini mengangkat tema “Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial” dan menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman. Masyarakat juga diharapkan dapat menjadi netizen yang bijak dalam bermedia sosial, dengan membuat dan menyebarkan konten positif, serta menghindari konten negatif.

Dengan meningkatnya literasi digital masyarakat, diharapkan dapat tercipta ruang digital yang positif dan kondusif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *