Toko Ponsel Medan Dibobol, Kerugian Mencapai Rp20 Juta

Pembobolan Toko Ponsel Sei Mencirim

Toko Ponsel Medan DibobolPada malam Kamis, 23 Mei 2024, sebuah insiden pembobolan terjadi di sebuah toko ponsel di Jalan Suka Maju Indah, Sei Mencirim, Medan. Menurut pemilik toko yang juga merupakan korban kejadian tersebut, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 23:00 WIB ketika ia menutup toko dan memastikan semua pintu dalam keadaan terkunci dengan baik. Namun, pada pagi hari berikutnya, Jumat 24 Mei 2024, sekitar pukul 06:00 WIB, ia menemukan pintu tokonya dalam keadaan terbuka dan tidak tergembok.

Pemilik toko mengisahkan kronologis kejadian tersebut, yang juga terekam dalam video CCTV. “Kronologis kejadian pada malam hari tepatnya hari Kamis (23-05-2024) pukul 23:00 WIB, saya menutup toko konter saya dan sudah saya pastikan sebelum pulang pintu dalam keadaan terkunci semuanya,” ujarnya. Namun, ketika ia membuka tokonya pada Jumat pagi, pintu tersebut sudah dalam keadaan terbuka tanpa gembok.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Medan Talk (@medantalk)

Source: Instagram/medantalk

Video rekaman CCTV menunjukkan pelaku menggunakan linggis untuk membobol gembok dan pintu toko. Setelah berhasil masuk, pelaku merusak tata letak toko dan mengambil berbagai barang berharga. “Ketika saya mau buka toko konter saya pada hari Jumat (24-05-2024) pukul 06:00 WIB saya melihat pintu toko konter saya sudah dalam keadaan terbuka dan tidak tergembok,” tambah korban.

Kerugian yang dialami korban cukup besar. “Saya kehilangan bermacam aksesoris HP dengan beberapa merek, 1 unit HP konter Vivo Y81, 10 buah bola lampu 50 watt, dan 20 jenis provider kartu internet,” ujarnya. Total kerugian yang dialami mencapai sekitar Rp20.000.000.

Lokasi Kejadian

Kejadian ini terjadi di konter yang terletak di Jalan Suka Maju Indah, Sei Mencirim, Medan. Lokasi tersebut merupakan area yang cukup ramai, namun pada malam hari kondisinya cenderung sepi, memberikan kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya tanpa terlalu banyak gangguan.

Setelah kejadian tersebut dilaporkan, pihak kepolisian segera melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan memeriksa rekaman CCTV. Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku. Polisi juga menghimbau masyarakat sekitar untuk memberikan informasi apabila mengetahui atau melihat hal-hal yang mencurigakan terkait kejadian tersebut.

Himbauan kepada Masyarakat

Masyarakat, khususnya pemilik toko di sekitar lokasi kejadian, dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Kejadian ini menunjukkan bahwa pelaku kejahatan tidak segan-segan menggunakan alat-alat berat seperti linggis untuk membobol toko. Oleh karena itu, penting bagi pemilik toko untuk memastikan bahwa sistem keamanan mereka cukup memadai untuk mencegah aksi serupa di masa depan.

Pemilik toko juga disarankan untuk memasang sistem keamanan tambahan seperti alarm dan kamera CCTV dengan resolusi tinggi yang dapat merekam dengan jelas wajah pelaku. Selain itu, bekerja sama dengan tetangga dan komunitas sekitar untuk saling menjaga dan memberikan informasi terkait kejadian mencurigakan juga sangat dianjurkan.

Pentingnya Sistem Keamanan yang Memadai

Kejadian ini menggarisbawahi pentingnya sistem keamanan yang memadai bagi pemilik usaha. Memasang kunci ganda, gembok yang lebih kuat, serta sistem alarm yang terhubung langsung dengan pihak keamanan atau kepolisian bisa menjadi langkah pencegahan yang efektif. Selain itu, pemilik toko juga bisa mempertimbangkan untuk menambah pencahayaan di sekitar area toko agar lebih terang di malam hari, sehingga menyulitkan pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

Warga sekitar lokasi kejadian mengaku terkejut dan khawatir dengan adanya peristiwa pembobolan ini. Banyak yang mulai berpikir untuk meningkatkan sistem keamanan di rumah dan tempat usaha mereka. “Kami sangat terkejut dengan kejadian ini, padahal selama ini lingkungan kami cukup aman. Kami akan segera meningkatkan keamanan di toko kami agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” ujar salah satu warga yang memiliki usaha di dekat lokasi kejadian.

Upaya Pemulihan

Pemilik toko yang menjadi korban berharap pihak berwajib dapat segera menangkap pelaku dan mengembalikan barang-barang yang dicuri. “Saya berharap polisi bisa segera menangkap pelaku dan mengembalikan barang-barang saya. Ini sangat merugikan, terutama karena beberapa barang yang dicuri cukup mahal dan penting untuk operasional toko saya,” tuturnya.

Di sisi lain, korban juga berencana untuk meningkatkan sistem keamanan di tokonya agar kejadian serupa tidak terulang kembali. “Saya akan memasang alarm dan menambah kamera CCTV dengan resolusi tinggi. Selain itu, saya juga akan mengganti gembok dengan yang lebih kuat,” tambahnya.

Kejadian pembobolan di toko ponsel di Medan ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya keamanan properti, terutama bagi para pemilik usaha. Dengan meningkatkan kewaspadaan dan memasang sistem keamanan yang memadai, diharapkan kejadian serupa dapat dicegah di masa mendatang. Kepada masyarakat, diimbau untuk selalu berhati-hati dan melaporkan segala aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang untuk menjaga keamanan lingkungan kita bersama.

Pos terkait