Larry, Sang Pemburu Tikus Besar: Kucing Penjaga Kantor Perdana Menteri Inggris

Larry, Sang Pemburu Tikus Besar: Kucing Penjaga Kantor Perdana Menteri Inggris

Larry, kucing yang terkenal sebagai “Pemburu Tikus Besar” di Downing Street, kini menjadi sorotan dengan kedatangan perdana menteri baru Inggris, Keir Starmer.

Pada hari Jumat, kamera-kamera fotografer berhasil menangkap gambar Larry yang tenang berjalan di sekitar pintu hitam yang ikonik di Nomor 10 Downing Street, kantor yang akan dia bagi dengan Keir Starmer.

Larry telah menjadi penduduk tetap di markas kekuasaan Inggris sejak tahun 2011, saat diadopsi oleh perdana menteri David Cameron dari tempat perlindungan hewan Pat’s Cats.

Meskipun jelas Larry tidak akan meninggalkan tempatnya, dia mungkin akan segera memiliki teman baru, karena Keir Starmer memiliki kucing bernama Jojo yang diharapkan akan bergabung dengannya di sana.

Perjalanan Larry dari tempat perlindungan hewan Pat’s Cats ke Downing Street merupakan bukti peran pentingnya sebagai “Pemburu Tikus Besar Kantor Kabinet”. Gelar ini tidak hanya sebagai penghargaan, tetapi juga membawa tanggung jawab nyata dalam menjaga kebersihan Downing Street dari tikus.

Selama bertahun-tahun, Larry telah melayani di bawah berbagai kepemimpinan, termasuk perdana menteri Theresa May, Boris Johnson, Liz Truss, dan Rishi Sunak, menjadikannya salah satu penduduk tertua di alamat terkenal ini setiap kali ada pergantian kepemimpinan.

Larry, yang pertama kali tercatat membunuh tikus pada 22 April 2011, sering kali ditemukan melakukan perburuan di sekitar Nomor 10. Prestasinya yang mencolok termasuk menangkap empat tikus dalam dua minggu pada Oktober 2013, serta menyelamatkan seorang staf dari serangan tikus.

Pada Juli 2015, George Osborne, Menteri Keuangan, dan Menteri Kabinet Matt Hancock, bahkan terlibat dalam menangkap satu tikus di kantor Menteri Keuangan, dengan candaan pers bahwa Osborne mungkin akan merebut gelar “Pemburu Tikus Besar” dari Larry.

Pada Desember 2015, mantan Menteri Dalam Negeri David Blunkett mengusulkan perluasan tanggung jawab Larry untuk menjaga istana Westminster dari tikus yang menginvasi.

Pada September 2023, kabar tentang kesehatan Larry menjadi perhatian, meskipun Downing Street membantahnya dengan menyatakan bahwa Larry dalam kondisi “bahagia dan sehat”.

Larry tidak hanya dikenal sebagai kucing dengan tugas resmi, tetapi juga memiliki kepribadian yang kuat dan semangat yang membuatnya disukai oleh semua orang di sekitar Downing Street. Dia sering terlihat berkeliling di sekitar pintu hitam Nomor 10, menunggu dengan sabar sampai penjaga membukakan pintu untuknya.

Sebagai figur yang dikenal luas di Inggris, Larry bahkan memiliki halaman media sosial di situs “X” dengan lebih dari 800 ribu pengikut, di mana berita, foto, dan video tentangnya secara rutin dibagikan.

Pos terkait